Pencarian

Jumat, 18 Mei 2012

MUKJIZAT DOA DARI ORANG TUA


Doa orang tua merupakan doa yang mustajab. Saking kuatnya doa dari orang tua, salah seorang sahabat yang dalam kehidupannya pernah mengecewakan ibunya sampai membuat ibunya marah, ketika dia akan meninggal, sangat susah ruhnya lepas dari tubuhnya. Ketika diselidiki oleh Rasulullah Saw, ternyata ia sedang bermasalah dengan ibunya. Sementara, ibunya belum memaafkan kesalahan si anak tersebut.

Setelah Rasulullah Saw menemui sang ibu tersebut, ibu dari si anak tersebut masih belum mau memaafkannya. Akhirnya Rasulullah Saw memutuskan untuk membakar tubuhnya hidup-hidup. Namun, ketika akan dibakar sang ibu tersebut memaafkannyanya. Akhirnya sahabat tersebut meninggal dengan tenang.


Begitulah orang tua, jika ia berdoa maka doanya akan dikabulkan oleh Allah Swt. Maka dari itu, bagi para orang tua, berhati-hatilah dalam mendoakan anaknya. Karena doa orang tua akan diijabah oleh Allah Swt. Rasulullah Saw bersabda,
" Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, Ada tiga doa yang langsung diterima oleh Allah secara langsung, yaitu doa orang yang dianiyaya, doa seorang musafir, dan doa orang tua terhadap anaknya. " (HR Imam Turmudzi, Ahmad, dan Abu Dawud)

Dari hadis di atas Rasulullah Saw memberitahukan bahwa ada tiga golongan yang doanya langsung diterima oleh Allah Swt, salah satunya adalah doa dari orang tua kepada anaknya.
Mintalah kepada orang tua agar senantiasa mendoakan dan meridhai kita. Termasuk doa agar diberikan jodoh yang baik. Karena bagaimanapun, orang tua merupakan salah satu dari komponen keluarga kita. Bahkan, seorang ibu masih berhak atas anak laki-lakinya walaupun anak tersebut sudah menikah.

Doa itu berlaku sepanjang hidup. Rasulullah Saw telah mengatakan kepada kita bahwa salah satu dari tiga doa yang akan selalu dikabulkan oleh Allah Swt adalah doa orang tua untuk anaknya . Oleh karenanya, sudah sepatutnya sebagai orang tua mendoakan anaknya dalam pencarian jodoh anaknya.

Salah satu contoh yang sangat jelas sekali dalam Al-Qur'an mengenai doa orang tua terhadap anaknya adalah doanya Nabi Zakariya ketika ia memohon untuk diberikan keturunan. Selain itu, Nabi Zakariya meminta agar anaknya kelak menjadi anak yang saleh. Beliau bersabda,
" Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang istriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putra, yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya'qub ; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai. " (QS Maryam 19:5-6) 

Allah Swt pun mengabulkan permohonan Nabi Zakariya dengan memberikan seorang anak yang saleh, kemudian Allah Swt berfirman,
"Hai Zakariya, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia. " (QS Maryam 19:7)

Allah Swt memberikan anak kepada Nabi Zakariya yang sangat saleh dan menjadi salah satu nabi dan rasul yang diberkahi oleh Allah Swt. Lihatlah, betapa doa orang tua merupakan doa yang sangat diberkahi oleh Allah Swt. Oleh karena itu, janganlah segan untuk meminta doa kepada orang tua kita. Karena bagaimanapun doa orang tua adalah sebuah doa penuh cinta kepada anaknya.

Kekuatan cinta orang tua akan mengalahkan kekuatan seorang penguasa. Karena di dalamnya ada cinta yang tak bisa dipisahkan antara seorang anak dengan orang tuanya. Orang tua akan melakukan apa saja yang akan membuat anaknya bahagia. Kebahagiaan seorang anak atas kehidupannya adalah menjadi kebahagiaan orang tuanya.

Ketika kita akan memilih jodoh, maka libatkanlah orang tua. Doa dan pendapat orang tua merupakan hal yang sangat penting dalam menimbang-nimbang jodoh kita. Sering kali orang tua mempunyai naluri yang lebih kuat. Karena lebih dulu hidup di dunia, mereka mempunyai pengalaman lebih dalam memahami karakter seseorang.

Seringnya kejadian-kejadian yang mereka temukan dalam kehidupan memengaruhi otak bawah sadar mereka. Oleh karena itu, mintalah doa orang tua kita. Allah Swt, sangat memuliakan orang tua. Saking memuliakannya, Rasulullah Saw berkata bahwa ridho Allah Swt adalah ridho orang tua.

Seorang penyair, yang semoga diridhoi Allah Swt menuliskan syair yang sangat indah tentang orang tua. Semoga dengan syair ini dapat mencerahkan kita mengenai betapa pentingnya ridha orang tua dan doa orang tua dihadapan Allah Swt.

Karena Aku tergantung kepada kedua ibu bapakmu
Jika kita terhalang masalah, bertanyalah pada hati
Jika hati tak menjawab, pejamkanlah kedua mata
Lalu bayangkan wajah kedua orang tua....
Jangan pernah anggap Aku jauh
Sungguh kamu tidak mengenal Aku
Jangan pernah kamu katakan melihat Aku
Sungguh itu bukan Aku
Aku itu ada dimana-mana
Aku itu meliputi sekalian alam
Jika kamu bersungguh-sungguh untuk terbebas dari masalah
Mintalah restu kedua orang tua kamu
Niscaya Aku kabulkan 
Karena disetiap restu kedua orang tua kamu
Terdapat segala Ridha-Ku untuk seluruh alam


(Dikutip dari Buku berjudul " Kujemput Jodoh dengan TAHAJUD karangan Tendi Krishna Murti)

Tidak ada komentar: