Pencarian

Minggu, 13 Mei 2012

KEEP ON THE FIRE SPIRIT


Semangat adalah api membara dalam tubuh setiap manusia. Api tersebut jika menyala bisa membara dan membakar serta sebagai motorik dalam pergerakan dan kemajuan. semangat adalah sifat pantang menyerah, selalu bertahan dan berani membating tidak asal tahan banting. Kesuksesan sejati membutuhkan semangat yang luar biasa. sebagai contoh pasukan yang dipimpin oleh Muhammad Al Fatih. Dengan gagah berani maju ke medan perang. Bisa memindahkan bunyak kapal dalam kurun waktu satu malam untuk menaklukkan kota Konstantinopel. Subhanallah.Luar biasa sekali. Dahsyatnya semangat bisa dirasakan sekarang dan sampai kapan pun juga.
Berikut ada sebuah kisah empiris dari seorang anak miskin yang tinggal di pedesaan. yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dia menjual koran. Rela berdiri di bawah terik matahari. Bergaul dengan asap kendaraan. Hiruk pikuk. walaupun dengan gaji yang tidak begitu besar. Namun tetap istiqomah dan tlaten. Kemudian ada kesempatan untuk kursus bahasa inggris. 6 bulan pun dilalui. tak lupa untuk mengembangkan jiwa bisnisnya. Ia ikut kerja dengan temannya di konter. Buka pagi-pagi benar dan tutup tengah malam. Walhasil sekarang bisa duduk dibangku kuliah di semester 3. Alhamdulillah.

if there is the will
there is the way

apabila ada kemauan
disitu pasti ada jalan

manjadda wajada
barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah ia

Begitu juga perjuangan dakwah di kampus. Harus sabar dan tetap semangat. Mahasiswa baru adalah lahan dakwah antum sekalian. Jangan biarkan mereka ikut dengan lembaga yang beridealisme tidak terpuji. Berpikiran sekuler. Mari selamatkan mereka dengan mengadakan pembinaan yang rutin dan intensif. Insyaallah mereka akan mau. Ada 3 cara dalam merekrut mereka:

1.Pendekatan emosional
Pendekatan nama, alamat, tinggal. kesibukan, jurusan. hal-hal yang berkaitan dengan keluarga, lingkungan dan pengalaman mereka
2.Pendekatan manfaat
Dengan majas manfaat kita kan semkin dekat dengan mahasiswa baru. Apa yang kiranya mereka butuhkan. Kita harus sekuat tenaga untuk bisa membantu mereka. contoh: mencari kos-kosan yang murah dan nyaman, cara menjadi anggota prrpustakaan,dll.
3.Pendekatan Spiritual
Dengan menyelenggarakan event kerohaniaan islam. Insyaallah mereka akan hadir dan bisa menilai. Tak lupa untuk selalu mendoakan mereka di setiap sujud kita, tajahud, setelah shalat rawatib. Supaya mereka bisa bergabung di jalan dakwah penegak syariat.

keep on the fire spirit. jaga api semangat



jangan biarkan api itu padam. Menjadikan api abadi yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

Khoirukum man ahsanuhum khuluqon waanfauhum linnasi

Sebaik-baik diantara kamu adalan yang paling baik akhlaknya dan bermanfaat bagi orang lain.

Sabahabatku. Marilah kita mencotoh lebah yang dengan madunya bisa memberikan manfaat bagi orang. Penyembuh setiap penyakit. Ingat manusia mati meninggalkan nama. Gajah mati meninggalkan gading. Setiap langkah, hembusan nafas kita tak akan luput dari yang nama nya ajal. Maka waspadalah. Dan dengan bulan ramadhan yang penuh berkah ini. Mari kita tingkatkan semangat beribadah yang khusuk , beriiktikaf dan memperbanyak tilawah. setujukan?

Tidak ada komentar: